Sulawesi

10:02 PM / Diposkan oleh Rafah /


Waktu masih SD belajar geografi, saya hanya berani bergumam, lucu sekali ya pulau ini bentuknya menyerupai huruf K. Tak pernah terbayangkan bahwa saya akan berkali-kali menjejakkan kaki di bumi celebes ini. Berawal di tahun 1995 saat mulai ditugaskan untuk bekerja di Dept. Keuangan, saya ditempatkan di Palu, Sulawesi Tengah. Disana saya tinggal dalam hitungan 5 tahun persis. Cukup lama. Hingga meninggalkan kesan serta cerita suka duka yang mendalam buat saya dan orang-orang yang saya kenal. Setelah kembali ke pangkuan Ibukota selama 8 tahun, saya kembali dimutasi ke tempat tugas yang baru. Kali ini di sebuah kabupaten di selatan Sulawesi : Makale. Dimana tuh? Sama, saya juga waktu pertama dengar bingung diiringi jantung berdebar (kaya efek samping obat warung aja....). Ternyata Makale itu terletak di Kabupaten yang dijuluki pariwisata "The Cheapest Destination in the World" : Toraja. Dimana lagi tuh?? Yah..Toraja aja ngga tau..kelaut aja..Alhamdulillah di sana saya hanya 2 bulan tapi cukup berkesan. Selanjutnya saya dipindah lagi. Kali ini lumayan di kota besar, mirip Jakarta lah dikit. Yakni Makassar. Saya tidak tau akan berapa lama tinggal di kota ini, sepertinya dalam bilangan tahun. Untuk sementara dijalani dulu aja sambil menanti the next journey. Setelah sekian kali tinggal di beberapa wilayah di Sulawesi, ternyata saya cukup cocok bergaul dengan orang Sulawesi. Mereka itu lebih terbuka, apa adanya, egaliter, agak lugu, dan cukup jujur (CMIIW lho). Kalau kurang yakin gauli saja mereka..tolong ini jangan disalah arti..maksudnya berinteraksilah dengan mereka. Mungkin juga karena saya membandingkannya dengan orang Jakarta yang sangat majemuk dan individual itu. Lebih cocok lagi makanannya. Dari utara sampai selatan Sulawesi rata-rata saya suka. Dari bubur Manado sampai Palu Bassa saya doyan. Karena kebanyakan makanan Sulawesi tidak menghilangkan tema rasa yang paling saya suka : Pedas!

1 komentar:

Anonymous on January 25, 2009 at 8:56 PM

Hahaha...qinhe...qinhe...lu mah kagak jauh2, ujung2nya nyari yg cocok ama lidah lu doang. yang penting PEDES!!! ampun dah...wkwkwkw...
pokoknya abis dari makassar jgn pergi2 lagi dah...
pusing gue klo lagi ada masalah, elu nya kagak ada..hehehe...

Post a Comment